CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

BAB 4

Program pengolah kata banyak jenisnya, misal: Microsoft Word Wordpad, Notepad, Latex dan Open Office Writer, dan masih banyak lagi. Dalam materi ini akan dibahas tentang Microsoft Word 2007. 
        
         Microsoft Word merupakan aplikasi program pengolah kata yang dikeluarkan oleh perusahaan Microsoft yang mempunyai beberapa fungsi. Antara lain membuat surat menyurat, membuat karya tulis, skripsi dan lain-lain. Keunggulannya adalah mudah dalam pengoprasian, mudah memanajemen file dan fasilitas autorecovery bila terjadi padam listrik, kualitas baik dan bagus dalam percetakan, WYSIWYG (What You See Is What You Get), yaitu apa yang dilihat di monito akan sam dengan hasil cetakan. Selain itu Microsoft Word juga dapat melakukan pengiriman e-mail dan fax langsung terhubung dengan internet, mampu menyisipkan gambar dan grafik ataupun objek lainnya yang membuat naskah terlihat lebih menarik, serta memiliki kemampuan menyimpan file dalam bentuk web. 
            
           Dengan menggunakan perangkat ini pekerjaan pengolah kata yang akan kita lakukan akan lebih cepat dan mudah sehingga dapat menghemat waktu dan tenaga. Ayo kita perdalam ilmu dengan mempelajari microsoft word. Tekunlah kamu belajar agarkamu menjadi orang yang terampil.
             A. Memulai Microsof Word 2007
        

Untuk memulai menggunakan program pengolah kata Microsoft Word 2007 langkah-langkahnya adalah:
      1.     Klik Start pada Taskbar,
     2.      Pilih All Program,
     3.      Pilih Microsoft Office,
     4.      Klik Microsoft Office Word 2007.
Cara lain untuk mengaktifakan program pengolah kata Microsoft Word 2007 adalah dengan double klik ikon shortcut Microsoft Office Word 2007 yang terdapat pada desktop.
Setelah kita klik Microsoft Word 2007 maka CPU akan memproses perintah yang kita berikan untuk membuka program Microsoft Word 2007.Sebagai tanda bahwa CPU telah melaksanakan perintah yang kita berikan pada desktop akan ditampilkan jendela program Microsoft Word.
        
     Bagian-bagian Microsoft Word
  1. Title Bar
    Title Bar (baris judul) berisi informasi atau nama dokumen yang sedang dijalankan pada program Microsoft word 2007.
  2. Office Button
    Merupakan tombol untuk mengaktifkan berbagai macam menu perintah.
  3. Quick Access Toolbar
    Berisi tentang tombol-tombol menu yang digunakan uintuk memoercepat perintah dalam pengerjaan dokumen. Tombol-tombol pada Quick Access Toolbar merupakan shortcut dari perintah yang ada di Office Button.
  4. Option Bar
    Merupakan deretan ikon untuk mengatur jendela program. Ikon pada Option Bar adalah :
    a. Minimize: untuk menyembunyikan jendela program pada Taksbar.
    b. Maximize/Restore: memaksimalkan ukuran jendela atau pengembalian ukuran    jendela pada tampilan awal.
    c. Close: untuk menutup jendela program.
  5. Tab Menu dan Ribbon (Ribbon Menu)
          Merupakan tempat menu-menu perintah yang digunakan untuk mengedit dokumen Ribbon Menu terdiri atas Menu Bar dan Toolbars. Baris Menu ini berisi tentang barisan perintah menu. yaitu menu Home, Insert, Page Layout, References, Mailings, Review, dan View. Sedangkan Toolbars berisi tombol perintah menu yang merupakan isi dan menu-menu perintah dalam menu bar. Tampilan Menu Bar berubah ubah tergantung menu yang diaktifkan. Toolbars ini dikelompokkan  ke dalam Ribbon.
  6. Dokumen Area
    Terletak di tengah  jendela  berupa area putih seperti kertas kosong yang siap untuk ditulisi. daerah ini berfungsi untuk tempat mengetik dan mengedit dokumen.
  7. Kursor
    Merupakan garis tegak berkedip. Semua karakter yang diketik akan muncul dari kursor ini.
  8. Scroll Bar
    Berfungsi untuk menggeser layar dokumen kerja ke kiri atau ke kanan, gunakan Horozontal Scroll Bar sedangkan jika untuk menggeser layar dokumen kerja ke atas dan ke bawah, gunakan Vertikal Scroll Bar.
  9. Status Bar
    Menampilkan informasi tentang posisi kursor, jumlah halaman, jumlah kata, serta informasi lain tentang dokumen yang sedang dikerjakan.

    B. Fungsi dan Menu Ikon Microsof Word 2007 

    1.      Office Button
    Office Button berisi ikon-ikon sebagai berikut :
    Nama
    Fungsi
    New
    New adalah pilihan untuk membuat dokumen baru.
    Open
    Open adalah pilihan untuk membuka kembali dokumen yang telah disimpan.
    Save
    Save adalah pilihan untuk menyimpan dokumen yang telah disimpan setelah diubah.
    Save As
    Save As adalah pilihan untuk menyimpan dokumen baru atau dokumen lama dengan nama yang berbeda.
    Print
    Print adalah pilihan untuk mencetak dokumen.
    Prepare
    Prepare adalah pilihan untuk persiapan publikasi dokumen.
    Send
    Send adalah pilihan mengirimkan dokumen melalui e-mail atau internet Faximile.
    Publish
    Publish adalah pilihan untuk mengunggah dokumen ke internet melalui blog atau dokumen managemen server.
    Close
    Close adalah pilihan untuk menutup lembar kerja.
    2.      Tab Menu Insert
    berisi perintah untuk menyisipkanobjek pada dokumen seperti gambar, table, grafik, dsb.
    a. Tables
    Nama
    Fungsi
    Pivot Table
    Meringkas data menggunakan Tabel Pivot atau untuk menyisipkan Chart Pivot.
    Table
    Untuk membuat tabel.
    b.Ilustrations
    Nama
    Fungsi
    Picture
    Menyisipkan gambar.
    Clip Art
    Menyisipkan gambar Clip Art.
    Shapes
    Menyisipkan bentuk-bentuk dasar.
    SmartArt
    Menyisipkan grafik SmartArt.
    c. Charts
    Nama
    Fungsi
    Column
    Menyisipkan grafik batang.
    Line
    Menyisipkan grafik garis.
    Pie
    Menyisipkan grafik pie.
    Bar
    Menyisipkan grafik dalam bentuk mendatar.
    Area
    Menyisipkan grafik area.
    Scatter
    Menyisipkan grafik scatter (menyebar).
    Other Charts
    Pilihan  grafik yang lain.
    d. Links
    e.Text
    Nama
    Fungsi
    Text Box
    Menambah text box (kotak teks).
    Header & Footer
    Menambah header dan footer dokumen.
    Word Art
    Menambah tulisan artistik WordArt.
    Signature Line
    Menambah garis tanda tangan.
    Object
    Menambah objek Microsoft Office.
    Symbol
    Menambah simbol-simbol.
    3.  Tab Menu Home
    Menu Home berisi operasi standar pada pengolahan data Ms Excel, seperti menyalin data, mengatur huruf, perataan teks, dan lain sebagainya. Ribbon yang terdapat pada menu Home adalah :
    a. Clipboard
    Nama
    Fungsi
    Paste
    Menampilkan data hasil Cut atau Copy
    Cut
    Memindahkan data dengan cara dipotong
    Copy
    Menyalin data
    Format Pointer
    Menyalin format data dan mengaplikasikan pada data yang lain.
    b. Font
    Nama
    Fungsi
    Font
    Mengatur pilihan jenis huruf
    Font size
    Mengatur pilihan ukuran huruf
    Bold
    Membuat cetakan huruf tebal
    Italic
    Membuat cetakan huruf miring
    Underline
    Membuat cetakan huruf garis bawah
    Increase Font size
    Menambah ukuran huruf
    Decrease Font size
    Mengurangi ukuran huruf
    Border
    Menambah bingkai pada tabel
    Fill color
    Memberi warna pada tabel
    Font color
    Memberi warna pada huruf
    c. Alignment
    Nama
    Fungsi
    Top Align
    Mengatur posisi teks berada di atas
    Middle Align
    Mengatur posisi teks berada di tengah
    Button Align
    Mengatur posisi teks berada di bawah
    Orientation
    Mengatur posisi teks dengan posisi menurun atau miring.
    Align Text Left
    Mengatur paragraf rata kiri
    Align Text Center
    Mengatur paragraf rata tengah
    Align Text Right
    Mengatur paragraf rata kanan
    Decrease Indent
    Mengatur teks menjorok keluar
    Increase Indent
    Mengatur teks menjorok ke dalam
    Wrap Text
    Menampilkan data dalam satu sell dengan tampilan beberapa baris
    Merge & Center
    Menggabungkan dua sell atau lebih
    d. Number
    Nama
    Fungsi
    Number format
    Mengatur format angka
    Accounting number format
    Mengatur format angka dalam laporan keuangan
    Percent style
    Menambah simbol persen (%)
    Comma style
    Menambah simbol koma (,)
    Increase decimal
    Menampilkan desimal secara lebih sederhana
    Decrease decimal
    Menambah angka desimal
    e. Styles
    Nama
    Fungsi
    Conditional formatting
    Mengatur format dengan kondisi tertentu
    Format as table
    Mengatur format tabel
    Cell style
    Mengatur style cell
    f. Cells
    Nama
    Fungsi
    Insert
    Menambah sell
    Delete
    Menghapus sell
    Format
    Mengatur sell
    g. Editing
    Nama
    Fungsi
    Sum
    Bantuan penggunaan fungsi Excel
    Fill
    Meneruskan pola urutan angka
    Clear
    Menghapus segala sesuatu yang ada di dalam sell terpilih
    Sort & filter
    Mengatur data sehingga lebih mudah untuk menganalisis
    Find & select
    Mencari dan memilih teks tertentu, format atau jenis informasi dalam workbook.
    4.      Page Layout
    a. Themes
    Nama
    Fungsi
    Themes
    Mengatur tema dokumen.
    Color
    Mengatur warna pada tema.
    Font
    Mengatur huruf pada tema.
    Effect
    Mengubah efek untuk tema.
    b. Page Setup
    Nama
    Fungsi
    Margin
    Mengatur batas tepi dokumen.
    Orientation
    Mengatur posisi dokumen.
    Size
    Mengatur pilihan ukuran dokumen.
    Print Area
    Menentukan lokasi yang akan dicetak.
    Breaks
    Memberi jarak dokumen.
    Background
    Mengatur latar dokumen.
    Print Tiles
    Menentukan baris dan kolom untuk diulang setiap mencetak.
    c. Scale to Fit
    Nama
    Fungsi
    Width
    Menentukan lebar dokumen ketika dicetak.
    Heigth
    Menentukan panjang dokumen ketika dicetak.
    Scale
    Menentukan skala dokumen ketika dicetak dengan file Excel.
    d. Sheet Options
    Nama
    Fungsi
    Gridlines
    Mengatur garis grid nampak/tidak nampak pada dokumen Excel maupun ketika dicetak.
    Heading
    Mengatur heading nampak/tidak nampak pada dokumen Excel maupun ketika dicetak.

    C. Mengatur Tampilan  Microsof Word 2007
    1. Mengatur Tampilan Menu
       Kadang kala tampilan lembar kerja kita terlihat terlalu sempit,mungkin karena monitor yang kurang lebar,ditambah lagi daftar menu-menu/Ribbon yang ada di office 2007 yang sedikit menyita tempat pula.Untuk mengatasi itu,kita dapat menghilangkan tampilan daftar menu-menu/ribbon tersebut agar lembar kerja terlihat lebih luas.Langkah-langkahnya sbb :

    a.   Aktifkan Microsoft Office Word 2007,
    b.  Klik kanan pada daftar menu-menu,(boleh di mana saja asal masih di area daftar   menu),
    c.  Kemudian pilih dan klik “Minimize the ribbon”
    d.  Maka menu-menu yang ada tidak akan terlihat lagi. Menu-menu tersebut akan hilang tetapi hanya di Minimize atau di-hide. Untuk menampilkan menu-menunya lagi cukup klik salah satu menu yang ada,misalnya menu insert,setelah menu diklik, maka secara otomatis menu-menu yang ada di menu insert akan terlihat.
    Dan otomatis akan hilang pada saat kita klik kembali di area lembar kerja. Klik kembali salah satu menu yang ada untuk menampilkan kembali.
    a.  Untuk mengembalikannya seperti semula, cukup klik kanan kembali di area daftar menu seperti dilangkah ke-2, kemudian hilangkan check list yang ada di “Minimize the ribbon” maka menu-menu yang tadinya tidak tampil akan ditampilkan kembali seperti semula
    b.      Untuk cara tercepat,cukup tekan saja tombol Ctrl+F1 untuk menyembunyikan dan menampilkan menu ribbon tersebut.
    2.      Mengatur Tampilan Ikon
        Ikon-ikon yang sering kita gunakan dapat ditampilkan pada Quick Access Toolbar sehingga lebih mudah penggunaannya.Untuk mengatur ikon apa saja yang ditampilkan caranya :
    a.    Klik opsi pada Quick Access Toolbar,
    b.   Pilih ikon yang akan ditampilkan dengan cara daftar ikon,
    c.    Untuk memilih ikon lain klik More Commands,
    d. Pilih letak ikon berasal,missal pada menu Home.Pilih ikon dengan cara klik ikon,kemudian klik add terakhir klik OK,
    e.   Ikon yang dipilih telah ditambahkan pada Quick Access.